Facebook Milik Hak Cipta Penggunanya

FACEBOOK MEMILIKI HAK PENUH UNTUK MEMAKAI SEMUA INFORMASI YANG ADA DI SITUSNYA

Teman-teman,

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan Facebook.com, tetapi saya ingin menghimbau kepada semua orang agar benar-benar berhati-hati ketika memakai situs ini. Hal yang harus sangat diperhatikan adalah bahwa Facebook.com memiliki hak penuh untuk memakai semua keterangan yang ada di facebook sesukanya. Kenapa kita harus perduli?

  1. Tak masalah kalau kita tidak memiliki persoalan keuangan, tetapi kalau, misalnya, suatu hari kita bermasalah dengan pembayaran kartu kredit, perusahaan seperti VISA dapat membeli informasi tentang diri kita dari Facebook. Dalam kasus ini, VISA akan langsung mendapatkan informasi yang sangat penting mengenai diri kita, teman kita, kesukaan kita, dll. Dan kemungkinan kolektor tidak akan segan-segan untuk menghubungi semua teman kita (penghutang) untuk memberitahukan masalah tersebut.
  2. Bagaimana dengan orang yang tidak memiliki masalah apapun? Contoh Budi, ia adalah seorang pemakai Facebook, ia memiliki posisi yang berpengaruh di kantornya. Bisakah suatu hari kita membeli informasi tentang Budi dari Facebook untuk mengetahui jaringan temannya, kesukaannya, kelemahannya, agar kita dapat memanfaatkan Budi???
  3. Bagi orang biasa yang sudah mulai memakai Facebook juga harus berhati-hati. Jika suatu hari mereka menjadi pejabat/bintang film/presdir, facebook memiliki hak untuk membuat buku dari profil mereka. Lengkap dengan semua komentar, pesan, video, yang mereka pernah pasang. Mengerikan bukan??
  4. Bagaimana kalau seorang atasan mencari alasan untuk memecat karyawannya? Bukan tidak mungkin suatu hari ia akan membayar sejumlah uang ke Facebook untuk membuka jalan ke profil karyawannya tersebut dan mencari informasi yang bisa ia pakai sebagai dasar pemecatannya.
  5. Terakhir, yang ingin saya tegaskan adalah bahwa Facebook.com memiliki hak penuh untuk memakai semua submissions (pemasukan) pemakai yang masuk ke Facebook dalam bentuk apapun (kata-kata, video, photo). Itu berarti, kalau kita memasang foto yang bagus, maka Facebook.com mempunyai hak untuk menjual foto tersebut, memakai foto itu buat iklan mereka, dll. Demikian juga dengan ide. Kalau kita berbagi ide ke teman melalui Facebook, maka lagi-lagi Facebook memiliki hak penuh untuk memakai ide itu. 

Teman-teman, begitulah pesan dari saya. Kalau anda tidak percaya, silakan baca terms Facebook. Saya tidak bermaksud untuk mengatur-atur atau menakut-nakuti, tetapi hanya bermaksud menginformasikan.

Status: Benar

Seorang anggota tim Benarnggak yang takut akan informasi di atas mencoba mengganti namanya di facebook. Dan ternyata prosesnya tidak begitu mudah dan apabila ada orang yang melakukan ‘search’, maka nama yang lama akan selalu ada. Mengenai hak Facebook untuk memakai semua pemasukan sesukanya oleh perusahaan tersebut, hal tersebut adalah BENAR dan tim Benarnggak hanya menghimbau semua pembaca agar berhati-hati apabila menggunakan situs tersebut.

Dalam pasal ‘User content posted on the site’  tertulis: “By posting User Content to any part of the Site, you automatically grant, and you represent and warrant that you have the right to grant, to the Company an irrevocable, perpetual, non-exclusive, transferable, fully paid, worldwide license (with the right to sublicense) to use, copy, publicly perform, publicly display, reformat, translate, excerpt (in whole or in part) and distribute such User Content for any purpose, commercial, advertising, or otherwise, on or in connection with the Site or the promotion thereof, to prepare derivative works of, or incorporate into other works, such User Content, and to grant and authorize sublicenses of the foregoing. You may remove your User Content from the Site at any time.”

Kira-kira artinya: Dengan memasukkan kontribusi apapun di seluruh bagian situs maka anda memberi hak penuh kepada Facebook.com untuk memakai kontribusi tersebut dalam kontrak yang tidak bisa dihapus, tidak ekslusif, dengan izin penuh, dan anda tidak mendapatkan kompensasi apapun. Jika anda menghapus kontribusi tersebut dari Facebook (Red: photo, video, kata, dll) maka kontrak tersebut secara langsung akan terhapus, tetapi Facebook tetap memiliki hak untuk menyimpan salinan dari kontribusi itu.

Dalam pasal ‘Submissions’, Facebook menyatakan bahwa “You acknowledge and agree that any questions, comments, suggestions, ideas, feedback or other information about the Site or the Service (“Submissions”), provided by you to Company are non-confidential and shall become the sole property of Company. Company shall own exclusive rights, including all intellectual property rights, and shall be entitled to the unrestricted use and dissemination of these Submissions for any purpose, commercial or otherwise, without acknowledgment or compensation to you.”

Dalam bahasa Indonesia kira-kira: Anda mengakui dan menyetujui bahwa semua pertanyaan, komentar, usulan, ide-ide, tanggapan, atau keterangan lain mengenai situs atau yang lainnya (pemasukan), yang dikirim oleh anda ke perusahaan adalah tidak rahasia dan menjadi hak milik dan hak cipta Facebook.com. Facebook.com memiliki hak untuk menyebarkan informasi tersebut dengan tujuan apapun, baik demi keuntungan ataupun tidak, tanpa seizin anda atau kompensasi terhadap anda.

Referensi : https://register.facebook.com/terms.php 

Redaksi,

January 25, 2008, 7:06 pm

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s