Sangat Sulit Untuk Menghapus Nama di Facebook

Rekan- rekan,

Saat ini banyak sekali orang Indonesia yang menggemari Facebook (www.facebook.com). Tetapi tolong berhati-hati memakai situs ini. Budaya kita (terutama sesama teman dan saudara), sangat terbuka untuk saling membagi informasi (termasuk informasi yang sensitif). Dan walaupun kemungkinannya kecil, bisa saja suatu hari informasi tersebut disalahgunakan.

Yang menarik perhatian saya adalah cerita seorang pengguna facebook dari Kanada yang bernama Steven Mansour yang mencoba menghapus nama/emailnya di facebook. Steven bercerita di situsnya betapa sulit untuk menghapus nama/email kita dari situs tersebut. Untuk menonaktifkan memang sangat mudah, tetapi untuk menghapus nama/email sangat susah. Dan walaupun akhirnya kita dapat menghapusnya, pihak facebook ternyata tetap memiliki hak untuk menyimpan salinan dari segala informasi tentang kita.

Saya tidak mau seperti meniru iklan, tetapi kejadian itu membuat saya berfikir “tanya kenapa???” Bagi yang mengerti Bahasa Inggris, silakan kunjungi situs orang kanada itu di http://stevenmansour.com

Dengan Hormat

Jimmy

Status: Benar

Tim kami memastikan bahwa memang BENAR, sulit sekali untuk menghapus nama/email dari Facebook.com. Tetapi Facebook tidak bersalah karena sebenarnya mereka sudah meminta pengguna situsnya untuk menyetujui “terms” Facebook sebelum menjadi anggota. Sayangnya, tim kami merasa kebanyakan pengguna Facebook dari Indonesia (termasuk semua anggota tim kami yang memakai Facebook) tidak membaca tulisan kecil dan banyak yang terlalu merepotkan itu dan saat dalam proses mendaftar langsung menyetujui saja. Ternyata kalau kamu kunjungi setting profile di Facebook, dibawah pasal ‘Changing or Removing Information’, tertulis dengan sangat jelas: “Individuals who wish to deactivate their Facebook nama/email may do so on the My Name/email page.” Bagi yang ingin menonaktifkan profil mereka, bisa kunjungi halaman ‘My Name/email’ (Facebook tidak memberi pilihan untuk menghapuskan profilnya – hanya menonaktifkan).

“Removed information may persist in backup copies for a reasonable period of time” — Informasi yang dihapus dari dalam profile masih tersimpan dalam arsip Facebook untuk jangka waktu yang wajar. (Jangka waktu yang wajar??? Bisa saja jangka waktu yang wajar itu sampai 100 tahun).

“But will not be generally available to members of Facebook.”  — Informasi tersebut secara umum tidak akan bisa diakses anggota-anggota Facebook (wahhhh secara umum??? bagaimana secara spesifik??)

“Where you make use of the communication features of the service to share information with other individuals on Facebook, however, (e.g., sending a personal message to another Facebook user) you generally cannot remove such communications.” — Ketika anggota memakai jasa untuk berbagi informasi dengan anggota Facebook lainnya (contoh, mengirim pesan) kamu tidak bisa menghapus komunikasi tersebut. (Wahhhh berarti jangan memaki-maki orang lain meski hanya ke teman kamu, karena kalau teman kamu suatu hari menjadi musuh -walaupun itu 30 tahun di masa depan- dia bisa memakai kata-kata kamu untuk menyerang kamu sendiri).

Tim kami juga menemukan pernyataan menarik di pasal termination yang terdapat di halaman ini yang berbunyi: “When we are notified that a user has died, we will generally, but are not obligated to, keep the user’s nama/email active under a special memorialized status for a period of time determined by us to allow other users to post and view comments.” Ketika kami (red: Facebook) diberitahukan bahwa pengguna profil telah meninggal dunia, secara umum kami akan -tetapi bukan kewajiban kami- tetap memberikan status “aktif’ dalam golongan ‘memori khusus’ sepanjang waktu yang akan ditentukan oleh kami agar anggota lain dapat mengirimkan komentarnya. (yang menarik disini adalah tidak adanya pernyataan bahwa mereka akan menghapus filenya!! Berarti walaupun kamu menginggal dunia, maka profile kamu di Facebook tetap akan ada). Kalau boleh menyimpulkan, tim kami setuju dengan tulisan Pak James. Yaitu bahwa kita tetap bisa menikmati Facebook.com , tetapi mungkin lebih berhati-hati.

Referensi:

http://stevenmansour.com/writings/2007/jul/23/2342/2504_steps_to_closing_your_facebook_account http://www.facebook.com/terms

Redaksi,

January 26, 2008, 12:42 am

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s