Gunakanlah Telinga Kiri Untuk Handphone

Gunakanlah telinga kiri ketika berbicara di HP, karena jika kamu menggunkana yang kanan, itu akan mempengaruhi otak kamu secara langsung. Ini adalah fakta dari APOLLO medical team.

Status: Tidak Benar

Pesan ini telah beredar di internet sejak akhir 2005. Pesan ini berisi peringatan untuk tidak menggunakan telinga kanan ketika sedang berbicara di handphone. Menurut pesan ini, hal tersebut dapat mengurangi radiasi dari handphone yang masuk ke tubuh kita. Pesan di atas juga menyertakan diagram yang membuat informasi jadi lebih terpercaya.

Namun, ironisnya, diagram tersebut tidak berhubungan secara langsung dengan klaim yang diajukan bahwa menggunakan telinga kiri adalah lebih baik daripada telinga kanan. Meskipun diagram memang memberikan informasi tentang kemungkinan bahaya radiasi dari handphone, namun penelitian terbaru menyatakan bahwa tidak ada referensi yang menganjurkan untuk menggunakan telinga kiri daripada kanan.

Setelah melalui penelusuran di internet, ditemukan bahwa diagram tersebut dipublikasikan pertama kali di situs Graphics News pada Juni 2002. Diagram tersebut menjelaskan penelitian seorang peneliti di Finlandia tentang Radiation and Nuclear Safety Authority. BBC news report 2002 memberikan informasi yang lebih jelas mengenai penelitian ini. Laporan tersebut menyatakan bahwa Scientists from the Radiation and Nuclear Safety Authority found that exposing human cells to mobile phone radiation damaged the blood-brain barrier – a safety barrier in the body that stops harmful substances in blood from entering the brain.

Bagaimanapun, laporan tersebut menjelaskan bahwa uji coba dilakukan di sel manusia dalam kondisi laboratorium. Dan pada saat laporan tersebut dipublikasikan, tidak diketahui apakah penemuan ditujukan untuk tujuan keselamatan kesehatan pengguna handphone. Lebih lanjut, pihak Radiation and Nuclear Safety Authority maupun BBC dalam laporannya tidak menyebutkan apapun tentang telinga. Telah terjadi perdebatan tentang kemungkinan pengaruh radiasi handphone terhadap kesehatan, tetapi, tidak ada informasi manapun yang menyebutkan adanya korelasi antara kebiasaan menggunakan telinga kanan dengan resiko kesehatan. APOLLO medical team yang disebutkan dalam cerita juga fiktif belaka.

Seharusnya, apabila ada seseorang ataupun tim medis yang menemukan suatu penemuan yang berhubungan dengan keselamatan kesehatan masyarakat, maka penemuan tersebut sudah dilaporkan dengan lengkap pada media-media yang berhubungan.

Referensi lebih lanjut:

Original Source of Infographic Graphic News – Infographics for newspapers and magazines Radiation and Nuclear Safety Authority study: Non-thermal activation of the hsp27/p38MAPK stress pathway by mobile phone radiation in human endothelial cells (PDF download) Radiation and Nuclear Safety Authority Fresh fears over mobile phones

Wikipedia: Mobile phone radiation and health Apollo Hospitals Group

Referensi:

http://www.hoax-slayer.com/use-left-ear-mobile.html

Redaksi,

February 9, 2008, 12:08 am

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s