Jangan Menjawab Panggilan Telepon Ketika Sedang Dicharge!!!

Jangan menjawab panggilan telepon ketika HP sedang dicharge. Beberapa hari yang lalu, seseorang sedang mencharge Hpnya di rumah. Kemudian teleponnya bordering dan ia mengangkatnya dalam keadaan masih tersambung charger. Beberapa detik kemudian aliran listrik mengalir secara tak terkendali ke HPnya dan orang itu terlempar dengan keras.


Orangtuanya bergegas menuju kamarnya dan menemukan ia sudah tidak sadarkan diri, dengan detak jantung yang lemah dan jari yang terbakar. Mereka segera membawanya ke Rumah Sakit terdekat, tetapi sesampainya di sana, ia dinyatakan telah meninggal. HP adalah penemuan modern yang serba guna. Namun ternyata, ia juga bisa mematikan.

Jangan pernah menggunakan HP ketika sedang terhubung ke arus listrik!

TERUSKANLAH PESAN INI KEPADA SEMUA ORANG YANG KAMU KENAL!

Status: Benar

STATUS: Pesan tersebut ada BENARnya apabila ada bagian dari handphone atau charger yang rusak. Namun tidak akan terjadi apa-apa jika handphone dan charger dalam kondisi baik. Beragam versi tentang peringatan ini telah beredar semenjak beberapa tahun yang lalu.

Kemungkinan besar, peringatan ini menyebar sejak Agustus 2004 dari Indian News yang memberitakan tentang kematian seorang pria yang menjawab teleponnya ketika sedang dicharge. Menurut berita tersebut, K. Viswajith (31 tahun) terbunuh oleh listrik ketika ia menjawab telepon yang sedang dicharge. Pada tahun 2005, laporan lain menyebutkan korban adalah seorang Nigeria dengan berita yang sangat mirip dengan cerita di atas. Meski berita tentang Viswajith kemungkinan benar, namun kronologis kecelakaan tersebut sangatlah samar-samar.

Sampai sekarang belum ditemukan laporan yang mengkonfirmasikan penyebab sebenarnya dari kematiannya. Dan tidak ditemukan pula laporan lain mengenai kematian dengan cara serupa. Meskipun apabila benar bahwa penyebab kematiannya adalah handphone yang sedang tercharge, namun tidak berarti bahwa menggunakan handphone ketika sedang tercharge pasti akan menimbulkan kematian karena tersetrum. SANGAT TIDAK BENAR. Apalagi arus yang mengalir menuju handphone yang sedang dicharge tidak cukup besar unuk dapat membunuh seseorang.

Kecelakaan seperti itu dapat terjadi apabila peralatan rusak atau dipergunakan dengan cara yang salah. Apabila ada sesuatu yang membahayakan, pihak pembuat handphone pasti sudah membuat peringatan tentang hal tersebut, tidak mungkin mereka mengabaikannya. Hingga kini tidak ada pihak produsen handphone yang mengeluarkan larangan untuk tidak menggunakan handphone selama dicharge.

Foto yang ada di atas bukanlah foto yang berhubungan dengan cerita yang tertulis.

Lebih lanjut bisa dibaca di: Don’t answer your phone when it’s plugged into it’s charger (?) Inside a Power-Cube Transformer Cell Phone Batteries: CPSC, CTIA Working Together to Keep Consumers Safe Exploding cell phones prompt warnings.

Referensi:

http://www.hoax-slayer.com/cell-phone-charging.html

http://urbanlegends.about.com/library/bl_cell_phone_electrocuted.htm

Redaksi,

February 8, 2008, 11:56 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s