Masa Kadaluwarsa Tabung Gas LPG

Beberapa orang mungkin sudah mengetahui hal ini; tetapi mungkin banyak juga yang belum tahu. Tabung LPG yang sudah kadaluwarsa tidaklah aman untuk digunakan dan bisa menyebabkan kecelakaan seperti yang baru saja terjadi di suatu kawasan di Jakarta Bulan yang lalu (Tabung Gas meledak).
Berhati-hatilah ketika menerima tabung LPG dari penjual manapun. Cara memeriksa masa kadaluwarsa dari tabung LPG adalah: tanggal kadaluwarsa ditulis dalam alfa code sesuai nomornya sebagai A atau B atau C atau D dan sekitar dua digit angka mengikutinya.
Contohnya: D06
Abjad mewakili empat bulanan (1 kwartal), A untuk bulan maret, B Juni, C Sept dan D Desember. Dua digit angka berikutnya merupakan tahun kadaluwarsa. Makanya “D06 berarti Desember 2006”.
Sebarkan pengetahuan ini barangkali bisa menyelamatkan seseorang.

Status: Tidak Benar

Tim kami berhasil mendapatkan email balasan dari pihak Pertamina. Berikut isinya:

Dapat disampaikan bahwa apa yang tertulis dalam e-mail milis tersebut TIDAK BENAR jika menyangkut tabung Elpiji Pertamina:

  1. Kode abjad serta dua digit angka tersebut TIDAK PERNAH tertulis pada tabung Elpiji Pertamina.
  2. Tabung LPG Pertamina tidak ada kadaluarsanya, namun yang ada hanya masa uji ulang berikutnya. Masa uji ulang pada tabung Elpiji distempel pada handguard (pegangan tabung) sebelah kiri atau badan tabung. Misalnya pada handguard (pegangan tabung) tercantum uji ulang “10-07” yang artinya masa uji ulang tabung selanjutnya adalah bulan 10 tahun 2007. Pada bulan tersebut, tabung WAJIB diuji ulang oleh Pertamina. Tetapi jika sebelum masa tersebut terjadi kerusakan pada tabung, maka Pertamina akan melakukan uji ulang atas tabung tersebut dan bulan & tahun pengujian selanjutnya akan distempel kembali pada badan tabung. Saat uji ulang tabung, tabung akan ditest untuk mengetahui kebocoran dan keadaan lainnya, sehingga tabung Elpiji dapat aman digunakan oleh masyarakat.
  3. Tabung LPG yang beredar di masyarakat selalu dilakukan pengujian dan pengetesan ulang maksimal 5 tahun sekali. Akan tetapi, jika dalam penggunaannya belum sampai 5 tahun tabung tersebut memperlihatkan indikasi kebocoran/karat/kerusakan/tampilan yang tidak bagus, maka Pertamina dapat menarik tabung tersebut dan mengujinya kembali.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih, CONTACT PERTAMINA PSTN : 500 000 (All cities in Indonesia)
HP : 62-21-7917 3000 SMS : 62-21-7111 3000 Fax : 62-21-7972 177Email : pcc@pertamina.com PEN 
Redaksi
February 10, 2011, 2:06 am 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s