Pluto Bukan Planet Lagi

Sewaktu kecil kita diajari bahwa tata surya terdiri dari sembilan planet: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Sekarang saat yang tepat untuk merevisi apa yang kita pelajari dulu. Ternyata sekarang Pluto resmi bukan planet. Hasilnya, tata surya hanya memiliki delapan planet saja.

Sejak 16 Agustus sampai 24 Agustus kemarin,  Persatuan Astronomi Internasional bertemu untuk membahas definisi planet. Setelah melalui perdebatan yang sengit, akhirnya mereka merumuskan definisi planet sebagai berikut:

Planet adalah benda luar angkasa yang:

  1. Mengorbit matahari
  2. Memiliki massa yang cukup untuk bergravitasi sendiri sehingga memiliki bentuk yang relatif bulat.
  3. Tidak membagi orbitnya dengan benda-benda lain yang berukuran relatif sama besarnya selain satelitnya sendiri.

Benda angkasa yang memenuhi syarat pertama dan kedua, tetapi tidak memenuhi syarat ketiga dinamai planet kerdil (dwaft planet). Selain Pluto, planet kerdil lainnya adalah Ceres dan 2003 UB313. Pluto tidak memenuhi syarat yang terakhir karena  pada orbitnya terletak benda-benda Trans Neptunus.

Source: wired.com

Status: Benar

Pada tanggal 24 Agustus 2006, Pluto secara resmi dinyatakan bukan planet lagi dalam sebuah pertemuan Persatuan Astronomi Internasional. 3000 Ilmuwan astronomi memutuskan untuk mengubah status Pluto menjadi “planet kerdil”.

Pada 7 September 2006, nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaitu 134340. Nama ini diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), organisasi resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tentang asteroid dan komet dalam tata surya kita. Informasi lebih lengkap mengapa Pluto tidak dianggap sebagai planet lagi bisa dibaca di sini. Jadi sudah saatnya untuk memberi tahu adik-adik kita dan memberi koreksi pada buku-buku IPA kita zaman dulu.

Referensi:

http://priyadi.net/archives/2006/08/25/pluto-resmi-bukan-planet/#more-682

http://id.wikipedia.org/wiki/Pluto_%28planet%29

Redaksi,

January 30, 2008, 9:37 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s