Bakso Tahu Tulen (Siomay) Haram

Untuk yang tinggal dan suka di/ke bandung,

Selamat Pagi Semua,

Pada bulan Juni 2007 adik saya berniat untuk buka usaha makanan di kawasan perkantoran Sudirman. Dikarenakan makanan yang harus dijual tidak boleh ada yang sejenis dari yang sudah ada, maka dipilihlah bakso tahu (siomay) dari Bandung. Karena mertua saya kenal dengan pemiliknya maka harga dapat dikasih harga distributor. Pabrik bakso tahu tersebut ada dikawasan Panjunan Bandung. Omzet sudah sudah cukup besar karena bakso tahu tulen punya puluhan pedagang keliling dan pedagang yang menetap di satu lokasi (di lengkong, kartikasari dll), sehingga banyak orang yang sudah mencicipi “kelezatannya”.

Ketika Adik saya berkunjung ke Pabrik di kawasan Panjunan, pemilik pabrik Koh Cen Kang begitu biasa dipanggil mewanti-wanti adik saya bahwa bakso tahu kami dibuat dengan campuran daging babi jadi tidak boleh dijual sembarangan.

Sontak kaget sekali adik saya, kenapa selama ini dia tidak tahu, sudah sekian lama kami, keluarga dan teman-teman mengkonsumsi makanan yang mengandung barang haram tanpa ada yang kasih tahu. Dengan marah adik saya bertanya pada pemiliknya, kenapa kok bakso tahu tulen dijual bebas, dengan santai dia jawab, selama ini saya sudah kasih penjelasan kepada pedagang keliling maupun pedagang yang menetap, tapi mereka saja yang tidak mau menjelaskan kepada pembeli.

Masya Allah betapa teganya para pedagang bakso tahu tersebut, mereka menjual barang yang sudah tahu haram kepada umat muslim.

Pernah suatu kali juga ada calon pembeli menelpon ke Pa Ceng Kang untuk memesan 1000 pcs bakso tahu yang akan diambil pada hari Jumat, menurut Pak Cengkang dia sudah merasa tidak enak jangan-jangan orang Muslim yang beli. Benar saja dugaannya ketika pembelinya datang, ternyata ibu-ibu berjilbab yang akan memberikan bakso tahu ini untuk acara pengajian.

Dikarenakan Pak Ceng kang tidak mau membuat kesalahan maka dia langsung terus terang kepada ibu tersebut, akhirnya kaget dan tidak jadi beli.

Mohon agar teman-teman yang sudah tau informasi ini agar kasih tahu lagi kepada teman, keluarga dsb, untuk yang belom tau ya cukup sudah sampai disini jangan tergoda lagi sama “kelezatannya” .

Salam, Zulkarnain.M

Source: shutterstock.com

Status: Belum Tahu

Artikel ini masih dipertanyakan karena tidak ada sumber yang jelas dari cerita di atas. Ada yang bisa konfirmasi??? Mohon menghubungi kami di contact ini.

Referensi:

http://hidayatullah.com/index.php?option=com_joomlaboard&Itemid=79&func=view&id=38779&catid=32

INI ADALAH INFORMASI TAMBAHAN DARI PEMBACA BERNAMA ESTY:

(Menanggapi ttg artikel anda ttg siomay tulen yang menampilkan posting milis dr seseorg, kebetulan saya penyuka daging…kecuali daging manusia loh hehehe…sehingga saya bisa membedakan dengan pasti tiap daging…mulai dari rasa bau sampai seratnya, dan menurut sepengetahuan saya, bakso tahu ato siomay tulen di bandung seperti yg diceritakan di milis tersebut tidak lah benar…adalah suatu fitnah, saya sendiri telah membuktikannya ketika berkunjung ke bandung, karena saya pecinta kuliner…jd saya selalu mencoba menu-menu baru…meski saya berada di luar kota sekalipun, menurut saya siomaynya asli 100% dr ikan tengiri dan 100% halal karena sudah bersertifikasi halal oleh MUI. Saya sendiri pernah memakan daging ular, kuda, kelinci, tikus hutan, kera, hingga cacing dan biawak sekalipun…termasuk babi, karena saya sering menginap di hutan belantara bersama teman-teman saya, sehingga saya begitu hapal serat-serat tiap daging, pernah sekali saya memakan daging anjing dan kambing…tp sayangnya efeknya saya menjadi pusing hehehe, sehingga saya jarang sekali makan daging anjing dan kambing itu lah sekelumit pengalaman dan analisa saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat, orang bijak mengatakan “ketika kita berada di persimpangan jalan dan ragu memutuskan arah, maka selain bertanya pd orang sekitar…jgn lupa jg untuk merasakan dan memahami hal-hal sekeliling kita, sehingga kita sendiri bisa membuktikan kebenarannya” terima kasih

Redaksi,

January 25, 2008, 6:57 pm

One thought on “Bakso Tahu Tulen (Siomay) Haram

  1. Benar apa yg di ceritakan yg di atas.. Baso tahu tulen ko cengkang memamakai campuran daging babi tp itu dulu, semenjak thn 2005 kurang lbh.. Beliau sudah mengganti semua bumbu2 dan resep2 nya.. Sampai detik ini alhamdulillah baso tahu tulen dah halal 100% bs di cek, ko cengkang merasa kecewa dgn karyawan2 nya yg gak memberitahu kpd pembeli muslim karna mereka mengejar target supaya dapat omset besar. Justru kita patut waspadai juga baso tahu yg harga 2000/2500 bnyk tersebar di bandung.. Teliti saat membeli dan bertanya supaya kita tidak di rugikan. Trim’s MANTAN KARYAWAN BASO TAHU TULEN GARDUJATI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s