Hati-Hati Makan Mie Instan!

Untuk para penggemar mi instan, pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3 (tiga) hari setelah Anda mengkonsumsi mi instan.

Jika Anda akan mengkonsumsinya lagi, dari informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mi instan. Itu sebabnya mengapa mi instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker.

Seseorang, karena begitu sibuknya dalam berkarir tidak punya waktu lagi untuk memasak. Sehingga diputuskannya untuk mengkonsumsi mie instan setiap hari. Akhirnya dia menderita kanker. Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam mi instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut.

Status: Tidak Benar

Cerita ini diadaptasi dari luar negeri dan mulai beredar di internet sejak Oktober 2000. Pada cerita aslinya, lilin yang dimaksud tersebut berasal dari wadah stereofoam yang membungkus mi, bukan terdapat pada mi itu sendiri.

Namun seiring berjalannya waktu, cerita mengalami perkembangan dan perubahan. Kejanggalan pada cerita di atas antara lain: Informasi kedokteran yang dikutip tidak ditulis dengan jelas sumbernya, kanker yang disebabkan oleh lilin tidak diceritakan secara jelas hubungannya. Bagaimana tiba-tiba lilin dapat menyebabkan penyakit ganas seperti kanker, tidak disebutkan referensi yang jelas yang menyebutkan bahwa dibutuhkan 2 hari untuk membersihkan lilin dari tubuh kita.

Harian Pikiran Rakyat pernah memuat cerita ini di sini kemudian disanggah oleh seorang dokter, bisa dibaca di sini.

Referensi:

http://sandynata.wordpress.com/2007/01/05/hoax-yang-berbahaya-di-lingkungan-kita/+hoax+makanan&hl=en&ct=clnk&cd=7&gl=sg http://www.snopes.com/food/warnings/noodles.asp

Redaksi,

January 30, 2008, 9:32 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s