Drug Recall Very Serious!!!

Phenylpropanolamine adalah obat influenza (decongestant) yang sejak 1 Maret ini oleh Badan Pengawasan Obat dan Pangan Amerika (FDA) ditarik dari peredarannya karena terbukti dapat menyebabkan pendarahan di otak sebagai dampak sampingnya. Di Indonesia terdapat kira-kira 100 obat-obatan yang mengandung Phenylpropanolamine dan sering dipakai oleh masyarakat.

Obat-obatan itu antara lain Decolgen, Decolsin, Sinutab, Allerin, Bodrexin, Contac 500, Cosyr (terutama untuk anak-anak), Flucyl, Fludane, Flugesic, Inza, Komix, Mixaflu, Mixagrip, Nalgestan, Neozep Forte Nodrof, Paratusin, Procold, Rhinopront, Rhinotussal, Sanaflu, Siladex, Stopcold, Triaminic Drops (untuk anak-anak), Tusalgin.

Status: Tidak Benar

FDA telah menerima beberapa permintaan untuk membuat daftar produk-produk yang mengandung PPA. Sejak perusahaan-perusahaan farmasi melakukan re-formulasi produk-produk mereka, FDA tidak mengamati secara berkelanjutan dan tidak memperbaharui daftar obat-obatan yang mengandung PPA. FDA peduli dengan email-email yang memberikan list produk-produk yang menggunakan PPA. Tetapi, lebih baik semua email ini diabaikan saja karena tidak memberikan data yang akurat. Rekomendasi FDA kepada semua customer yaitu bacalah label dari semua produk obat-obatan untuk mengetahui apakah produk-produk tersebut menggunakan PPA atau tidak. FDA percaya bahwa cara tersebut lebih akurat daripada hanya mengacu kepada data-data yang kurang akurat sedangkan mungkin produk-produk tersebut sudah tidak lagi menggunakan PPA. Sedangkan di Indonesia, sms maupun email telah beredar secara luas mengenai hal ini.

Oleh karena itu, untuk menanggapi email ataupun sms yang beredar mengenai bahaya PPA maka Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) memberikan penjelasan resmi sebagai berikut ini dan klik di sini.

Redaksi,

May 12, 2009, 3:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s