Seorang Ibu Meninggal Setelah Mengikuti Lomba Minum Air Putih

Mabuk Air Putih (Water intoxication) diduga sebagai sebab kematian ibu yang ikut dalam perlombaan “Menahan pipis untuk Wii”

(diterjemahkan dari NBC news di http://www.msnbc.msn.com/id/16614865/)

SACRAMENTO, Calif. – Seorang ibu yang ikut serta dalam perlombaan minum air putih dengan tujuan untuk meminum sebanyak mungkin air putih tanpa buang air kecil, meninggal dunia akibat kemabukan air (water intoxication), demikian menurut kantor pemeriksa sebab musabab kematian.

Jennifer Strange (28thn), diketemukan telah meninggal dunia pada hari Jumat di rumahnya beberapa jam setelah mengikuti perlombaan “bertahan pipis untuk Wii” yang di gelar stasiun radio KDND 107.9. Perlombaan tersebut menjanjikan hadiah sebuah NINTENDO Wii untuk pemenangnya.

“Dia bilang ke atasannya bahwa dia sedang menuju ke rumah karena kepalanya sangat pusing dan sakit,” kata Laura Rios, salah satu rekan kerja Jennifer Strange di Radiological Associates of Sacramento. “Saat itu dia menangis dan itu kabar terakhir dari dia.” Tidak langsung diketahui berapa banyak air yang dikonsumsi Jennifer Strange.

Sebuah bukti telah ditemukan pada penyelidikan awal, “cocok dengan kematian karena kemabukan air” kata Ed Smith, wakil petugas pemeriksa mayat. John Geary, wakil presiden dan manajer pemasaran dari Entercom Sacramento, perusahaan pemilik stasiun radio tersebut, mengatakan bahwa karyawan stasiun radio sangat terkejut saat mendengar berita kematian Jennifer Strange. “Kami masih menunggu keterangan lebih lanjut yang dapat menjelaskan bagaimana kejadian tragis ini bisa terjadi.”

Pada awal perlombaan, peserta diberikan 1 botol air minum ukuran 250 ml yang harus dihabiskan setiap 15 menit. “Sebenarnya botolnya kelihatan kecil, jadi kami pikir lomba ini akan sangat mudah,” kata salah satu peserta dari Woodland, James Ybarra. “Panitia lomba sudah mengingatkan untuk berhenti apabila kita tidak sanggup dan jangan mempertaruhkan kesehatan.”

Ybarra mengaku dia berhenti sesudah minum 5 botol air putih. “Kandung kemih saya tidak tahan lagi” ia menambahkan. Menurut Ybarra, sesudah dia berhenti, sisa peserta termasuk Strange, diberikan botol air putih yang lebih besar lagi.

“Saya sempat ngobrol sama dia dan orangnya baik,” kata Ybarra, “Dia bercerita pada saya tentang keluarganya dan ketiga anaknya dan bahwa ia melakukan ini demi anak-anaknya.”

© 2007 The Associated Press. published

Status: Benar

Pembaca – tim Kami menghimbau semua pembaca untuk berhati-hati. Faktanya adalah benar bahwa orang bisa meninggal dunia akibat minum terlalu banyak air putih. AIR PUTIH BIASA. Kuncinya adalah “semua dengan moderat”, termasuk air putih.

Untuk penjelasan lebih lanjut kita kutip dari situs berikut ini.

Apa itu Water Intoxication (Mabuk Air)? Mabuk Air Putih adalah kondisi dimana tingkat sodium (garam) di dalam tubuh turun drastis karena terlalu banyak minum air putih. Kondisi ini disebut sebagai “hyponatremia atau hyperhydration.” Sodium adalah elektrolit penting yang membantu mengatur tingkat cairan dalam tubuh. Saat tingkat sodium tubuh berubah secara drastis karena minum air putih terlalu banyak maka air berlebih tesebut akan menyebabkan sel-sel tubuh membengkak dan kehilangan fungsinya. Sel-sel saraf kita sangat sensitif, sehingga timbul gejala seperti orang mabuk (karena itu namanya Mabuk Air Putih). Apakah Anda beresiko meninggal karena terlalu banyak minum air putih? Kalau anda sekarang takut untuk meminum 8 gelas air (seperti yang dinasehatkan) dapat menyebabkan kematian, jangan khawatir lagi. Resiko meninggal akibat meminum 1.5 liter air putih per hari sangat rendah (kecuali bayi) karena ginjal manusia secara umum mampu memproses 15-20 liter per hari. Tim kami menemukan hal ini di internet: Hati-hati meminum banyak air (literan) dalam jangka waktu pendek. Misalnya lebih dari 5 liter dalam beberapa jam. Dan berhati-hatilah jika sedang berolah raga serius lebih dari 45 menit. Jangan hanya minum air putih, tetapi minum juga minuman penambah ion tubuh untuk mengganti sodium yang hilang (keluar dari sel).

Referensi:

http://www.msnbc.msn.com/id/16614865/

http://kidneydiseases.about.com/od/kidneydiseases/a/h2ointoxication.htm

Redaksi,

January 25, 2008, 8:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s