Kaligrafi Subhanallah Di Logo Unilever

Pekan lalu saat acara rutin pekanan dengan adik-adik binaanku, ada salah seorang adik binaan yang bertanya padaku; “Mas, di logo Unilever itu ada tulisan Subhanallah -nya lho.. trus gimana hukumnya mas?”
Aku pun sedikit bingung menjawab pertanyaan itu.. lha wong lihat tulisannya seperti apa aja belum pernah.. lalu mulailah aku mencari beberapa produk Unilever di rumah.. tapi ga ketemu juga.. ternyata tanpa sadar hampir tidak ada satupun produk Unilever yang dipakai di rumahku.

Akhirnya akupun hanya bisa memberi jawaban yang bersifat general saja, jika memang itu kaligrafi asma ul husna dan mereka (Unilever) memang mengetahui & menyadari hal itu, maka sudah sepantasnya bagi mereka untuk menggantinya, minimal menghilangkan kaligrafi itu dari logo huruf U yang besar itu.. lha wong sebagian produk mereka itu bisa ditemukan di kamar mandi dan toilet.. tempat yang tidak pantas untuk meletakkan kaligrafi asma ul husna di dalamnya.

Status: Tidak Benar

Berikut penjelasan dari sumber BenarNggak yang bekerja di Unilever.

  1.  Sepertinya tidak ada yang mirip tuh dan kalau pun ada yang mirip malah bagus donk, kata “subhanallah” yang artinya “Maha Suci Allah” dijadikan sebagai logo perusahaan multinasional, lintas negara dan ada dimana-mana. Karena pada prinsipnya setiap orang atau pun perusahaan mau logo perusahaannya adalah logo terbaik yang mewakili identitas dan kepribadian suatu perusahaan sehingga pasti logo adalah sesuatu yang baik.
  2. Khusus untuk logo Unilever, berubah di tahun 2006 dengan memasukkan segala unsur-unsur penopang kehidupan manusia seperti air, rambut, pohon, sinar matahari, sandang, pangan, papan, dll-nya. Kenapa Unilever memasukkan segala komponen tersebut? Karena di komponen-komponen tersebutlah Unilever dapat berperan memberikan kehidupan yang lebih baik melalui produk-produknya. Jadi tidak benar tuh adanya rencana terselubung untuk merendahkan agama apapun. Jangan sampai kita terlalu berlebihan dalam menilai segala sesuatu karena terkadang kita melihat sesuatu yang memang ingin kita lihat. Itulah cara kerja otak kita. Sebagai contoh, kita mau menemukan kulit pohon yang berbentuk wajah manusia, coba Anda cari dan lihat-lihat deh di batang pohon hidup, pasti kita dapat menemukan beberapa area yang mirip wajah, padahal itu hanyalah terbentuk dari kulit pohon yang kebetulan mengerut dan letaknya hampir mirip dengan posisi mata hidung dan mulut relatif antara satu dengan yang lainnya. 

Bahrun Afriansyah

Salah seorang Brand Manager Unilever

Redaksi,

January 24, 2008, 3:46 am

One thought on “Kaligrafi Subhanallah Di Logo Unilever

  1. kalau mirip mungkin iya tapi saya yakin juga bahwa simbol itu bukan di buat dengan maksud menulis “subhanallah”,kebetulan saya juga muslim dan bekerja di unilever,banyak teman2 lain juga yang bekerja di unilever mereka muslim.kalau memang ada penyalahgunaan ayat atau potongan kalimat Allah pasti mereka dahulu yang complain atas hal semacam ini. Kecuali yang bertanya tadi punya maksud2 tertentu menanyakan hal tersebut.Unilever Indonesia berdiri di Indonesia dan pastinya pekerjanya adalah banyak orang Indonesia dan bisa menjaga harkat dan martabat masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah muslim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s