Jangan Menyalakan Handphone Di Pom Bensin!!!

PERINGATAN DARI SHELL OIL CO

Hai semua! Peringatan ini dikirim oleh salah satu sukarelawan saya, Carol. Suaminya bekerja di Shell dan telah menerima peringatan ini dari perusahaannya. Tolong teruskan pesan ini kepada rekan kerja, keluarga, dan teman-teman kamu.

Kalau kamu menggunakan HP sewaktu mengendarai mobil, ketika mengisi bensin simpanlah HP di dalam mobil. Sudah terjadi 3 kasus sejauh ini.

Kasus 1- 2 Bulan yang lalu, seseorang mengisi bensin sembari menaruh HPnya di bemper. Tiba-tiba HPnya berdering dan mobilnya terbakar karena api yang berasal dari uap bensin.
Kasus 2 – Seorang pria mukanya terbakar karena mengisi bensin sambil berbicara di HP.
Kasus 3 – Seorang pria terbakar celananya karena menyimpan HP di celana dan HPnya berdering ketika sedang mengisi bensin.

Menggunakan handsfree juga tidak akan mengurangi resiko. Simpan HP kamu di dalam mobil, jauh dari tangki. Jangan mengambil resiko, karena toh ada fitur “Missed Call” di HP kamu. Key pad atau dering menghasilkan arus listrik singkat, yang cukup untuk memantik uap bensin tersebut.

TOLONG DIFORWARD KE TEMAN-TEMAN KAMU.

Aston Cooke Brand Communication & Public Affairs

Manager The Shell Company (W.I.) Limited

Status: Tidak Benar

Yang harus ditegaskan adalah tidak benar telah terjadi kasus di atas. Isu ini cukup serius karena memang beberapa perusahaan minyak telah mengedarkan larangan untuk mempergunakan handphone di pom bensin mereka dan perusahaan handphone juga telah memberi peringatan tentang menggunakan produk mereka di sekitar pom bensin.

Beberapa pengamat mengatakan bahwa peringatan-peringatan itu muncul akibat reaksi atas gosip menyesatkan tentang ledakan dan kematian yang disebabkan oleh handphone. Padahal kasus-kasus dalam cerita di atas tidak pernah terbukti benar. Cerita yang mirip juga datang dari Adelaide, Australia, yang menyatakan bahwa telah terjadi ledakan di pom bensin pada tahun 1999 akibat penggunaan handphone.

Padahal petugas pemadam kebarakan menyatakan bahwa ledakan tersebut tidak ada kaitannya dengan handphone. Kecelakaan tersebut muncul di artikel The Bangkok Post, yang juga menyebutkan bahwa seseorang berkewarganegaraan Indonesia pernah terbakar akibat handphonenya menyebabkan ledakan di pom bensin. Padahal tidak ada bukti sama sekali. Para pembuat handphone termasuk Motorola dan Nokia telah memasukkan peringatan untuk tidak menggunakan handphone di sekitar pom bensin. Pada bulan Agustus 1999, David Rudd, HUMAS Motorola mengatakan bahwa perusahaannya mengeluarkan peringatan tersebut karena adanya kemungkinan percikan api yang disebabkan oleh terlepasnya baterai, bukan karena rambatan sinyal radio.

Redaksi,

January 30, 2008, 9:27 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s