Mitos Tentang Mata

Pernah mendengar informasi seperti ini?

  •  Membaca di ruangan yang suram dapat merusak mata

Source: shutterstock.com

  • Menonton televisi membuat mata anda sakit

  • Terlalu banyak membaca membuat mata lekas aus

  • Makan wortel lebih banyak meningkatkan kemampuan penglihatan

Status: Tidak Benar

  1. Membaca di ruangan yang suram dapat merusak mata. Fakta: Kurang pencahayaan memang dapat menyebabkan mata letih tapi tidak akan merusak mata anda. 
  2. Menonton televisi membuat mata anda sakit. Fakta: Para ahli menyatakan bahwa menonton televisi tidak akan menyebabkan kerusakan permanen pada mata seseorang. Namun, fokus mata yang terlalu lama pada salah satu hal dapat menyebabkan kelelahan mata. Oleh karena itu, lebih baik kegiatan di rumah juga diisi dengan aktivitas di luar ruangan (out door activity) yang dapat merangsang perkembangan fisik seseorang. 
  3. Terlalu banyak membaca membuat mata lekas aus. Fakta: Membaca dapat membuat mata Anda letih, tetapi tak ada bukti bahwa itu akan membahayakan Anda dalam jangka waktu yang panjang. Lebih baik, saat mata dirasa sudah lelah, pejamkan mata selama 3-5 menit untuk mengistirahatkan mata agar tidak terlalu kering. Atau dapat juga melihat daun yang berwarna hijau agar dapat kembali menyegarkan mata. 
  4. Makan wortel lebih banyak meningkatkan kemampuan penglihatan. Fakta: Setengah betul. Anda memang memerlukan vitamin A untuk kesehatan penglihatan, tetapi sedikit sekali – kurang dari sebatang wortel sehari sudah cukup. Selain itu, tanpa wortel pun, asal diet Anda berimbang, kebutuhan vitamin A Anda pasti terjamin.

Redaksi

December 1, 2010, 2:52 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s