Minuman Kaleng dan Leptospirosis

Tolong jangan dihapus pesan ini sebelum meneruskan pada yang lain.. Serius! Kejadian ini baru saja terjadi di Durban Utara. Seorang wanita pergi berperahu pada suatu Minggu dengan membawa beberapa kaleng Coke yang disimpan di lemari pendingin kapal itu. Pada hari Senin, ia dibawa ke rumah sakit dan ditempatkan di Ruang Intensive Care Unit. Dia meninggal pada hari Rabu. Hasil autopsi menyimpulkan ia terkena Leptospirosis. Hal ini terlacak pada kaleng minuman yang diminumnya, tanpa menggunakan gelas. Hasil tes menunjukkan kaleng tersebut telah terinfeksi urin tikus yang sudah mengering, urin tikus Leptospirosis adalah penyakit krn mengandung zat beracun dan mematikan. Sangat dianjurkan agar membilas secara merata bagian atas semua kaleng minuman sebelum meminumnya. Kaleng biasanya disimpan di dalam gudang dan langsung diantarkan ke toko-toko tanpa dibersihkan. Sebuah penelitian di SLT menunjukkan bahwa bagian atas semua kaleng minuman lebih terkontaminasi dibandingkan toilet umum (penuh kuman dan bakteri.) Jadi, bersihkan dengan air sebelum memasukkannya ke mulut untuk menghindari segala jenis kecelakaan fatal. Mohon forward pesan ini kepada semua orang demi keselamatan kita semua..!!!!!

Status: Tidak benar

Kenapa ini dikatakan salah karena tidak adanya informasi jelas mengenai latar belakang (kapan, bagaimana dan siapa korban) kejadian ini dan kalimat terakhir pesan ini mengandung salah satu indikasi berita hoax yaitu “Mohon forward pesan ini kepada semua orang demi keselamatan kita semua” . Selain itu, informasi ini cenderung menyalahkan perusahaan minuman kaleng, dalam hal ini Coke. Seakan-akan perusahaan minuman tersebut tidak menjaga kebersihan lingkungan gudangnya.

Meskipun demikian, Tim Redaksi telah mencari tahu lebih detail mengenai penyakit Leptospirosis. Benar bahwa penyebaran penyakit tersebut bisa langsung dan tidak langsung, dalam kasus ini merupakan penyebaran secara tidak langsung karena melalui botol minuman yang diduga telah tercemar urin tikus.

Tapi sekali lagi, redaksi meyakini bahwa informasi ini bersifat hoax. Untuk lebih lengkap bisa dibandingkan dengan cerita yang ada di situs Urban Legends.

Salam,

Redaksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s