Spam tentang Blackberry

Tim kami mendapatkan sebuah pesan berantai yang berbunyi:

PENGGUNA BB :

Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda  maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol akan mengupdate otomatis dalam BB Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. Jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version. If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena ‘Blackberry ‘adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak
Bukan broadcast sembarangan
Ini serius!! Bisa di cek

Status: Tidak Benar

Penjelasan:

Salah seorang tim kami tidak mempercayai hal ini dengan alasan tidak mungkin pihak RIM (Research in Motion) menetapkan kebijakan seperti ini. Mereka pasti mempunyai cara yang lebih mutakhir untuk memperbaiki server mereka yang penuh. Itu pun sulit untuk mengatakan server mereka penuh karena pasti mereka sudah mempunyai cara mencegah hal tersebut.

Oleh karena itu, anggota tim kami yang tidak mempercayai isi broadcast message ini pun memilih untuk tidak menyebarkan pesan ini. Hasilnya? Ia tetap bisa menggunakan fasilitas BBM seperti biasanya. Tidak ada perubahan sedikit pun.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa isi pesan berantai itu tidak benar!

Kami pun melakukan penelusuran ke berbagai situs mengenai isi broadcast message ini. Dan menemukan beberapa informasi, seperti:

Blackberry jika memang mengirimkan pesan kepada penggunanya, biasanya melalui “System Message”.

Lagipula sungguh tidak masuk akal, ketika kita sudah membayar biaya berlangganan blackberry, hanya karena kita tidak mengirimkan pesan berantai tersebut, kita akan dinonaktifkan, apalagi sampai kehilangan seluruh contact kita. Perusahaan RIM tidak akan menggunakan solusi beresiko seperti itu yang bisa menyebabkan mereka dituntut. Jika server penuh, mereka tinggal menambah server! Namun demikian, ada penjelasan resmi dari FB Blackberry:

“We are seeing reports that people have received an email claiming to be from RIM and encouraging them to broadcast a message over BBM (BlackBerry Messenger). This message isn’t from RIM. Please don’t broadcast the message to your BBM contacts. We are on the case. Sorry for the inconvenience.”

Dan informasi lainnya yang kami dapatkan adalah:

This is indeed a fake message. You are never marked as an “inactive” user on BBM and RIM does not have the ability to delete your BBM contacts from your device. There is no need to forward the message to anyone on your list.

Saran kami bagi para pengguna Blackberry, berhati-hatilah saat menyebarkan informasi melalui pesan berantai. Ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut.

Salam

Redaksi

Referensi:

  1. http://www.blackberrycool.com/2010/04/08/blackberry-messenger-spam-circulating-once-again/
  2. http://www.berryreporter.com/2010/04/08/blackberry-messenger-message-from-rim-is-fake-dont-worry/
  3. http://supportforums.blackberry.com/t5/BlackBerry-App-World-General/BB-messenger-inactive-user/m-p/478917
  4. http://hoaxhariini.blogspot.com/2010/04/server-blackberry-messenger-overloaded.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s