Hati-Hati Website Penipuan Berkedok Telkomselpoin

Tim redaksi mendapatkan sebuah SMS yang menanyakan kebenaran informasi ini:

Selamat!! Anda men-dptkan HADIAH dari TELKOMSEL POIN pin UND,Anda b89c7h9 Utk info klik www.promotselpoin.webs.com Tolong dicek ya. Apakah info tersebut benar bahwa saya mendapatkan hadiah dari Telkomsel?

UPDATE MARET 2014:

Sekarang gaya penipuan poin berhadiah Telkomsel semakin pintar. Mereka menyebarkan SMS yang bertuliskan:

Surat Keputusan TELKOMSEL No. XV 3/2014:PIN HDR7JN& menyatakan No. anda pemenang ke-4 TELKOMSELpon.Liat hadiahnya di:www.infohadiahtelkomsel2014.blogspot.com

Status: Tidak Benar

Penjelasan:

Tim redaksi telah melakukan investigasi ke website tersebut.

Website Penipu

Website Penipu

Sedangkan website resmi Telkomsel:

Website resmi Telkomsel

Website resmi Telkomsel

Sekilas tampilan halaman awal mereka hampir sama dengan halaman awal website resmi Telkomsel. Yang menjadi pembeda adalah headline berita di website resmi Telkomsel bisa kita klik dan telusuri informasinya sedangkan di website penipu, headline tersebut tidak bisa kita klik.

Tim redaksi pun menelusuri halaman pengumuman pemenang di website penipu. Dan menemukan hal ini:

scam

Apakah anda menemukan kejanggalan?

Ya, kejanggalannya adalah tidak ditulis daftar nama pemenang Telkomsel Poin Periode 2013. Pihak mereka memberikan alasan:

  • Mohon maaf bila pencantuman nomor pemenang tidak kami cantumkan secara lengkap dan alamat kami tidak cantumkan demi untuk menghindari unsur-unsur yang tidak bertanggung jawab (penggandaan nomor/pemalsuan pemenang).
  • Pemenang resmi kami akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS/pesan singkat yang mencantumkan situs undian resmi PT.TELKOMSEL www.promotselpoin.webs.com

Jika ditelaah secara akal sehat, seharusnya daftar nama pemenang dicantumkan saja tanpa harus mencantumkan alamat dan nomor telepon pemenang. Paling tidak, para pemenang tahu bahwa mereka tertulis di daftar nama tersebut. Dan sudah merupakan hal yang standar bahwa jika pemenang telah diumumkan maka akan dihubungi langsung oleh pihak penyelenggara melalui telepon LANGSUNG, bukan melalui pesan singkat.

Mengenai website yang dicantumkan oleh pihak penipu, apakah anda memperhatikan kejanggalan?

www.promotselpoin.webs.com

Website resmi Telkomsel adalah:

http://www.telkom.co.id

Sedangkan page Telkom untuk bagian promo Simpati adalah:

http://www.telkomsel.com/promosimpati

Kejanggalan lainnya adalah di dalam website penipu ini kita menemukan:

Scam2

Hal lumrah yang dilakukan oleh website Perusahaan besar adalah mereka TIDAK akan menampilkan foto Direktur Utama mereka di halaman pengumuman pemenang.

Pola website penipuan yang ditampilkan di http://www.infohadiahtelkomsel2014.blogspot.com/ juga sama.

Telkomsel penipuan

Kejanggalan lainnya adalah mengenai tata cara pengambilan hadiah yang ditulis di website penipu tersebut adalah:

Hadiah pemenang akan di antarkan setelah melunasi Biaya Administrasi, untuk penerbitan STNK dan BPKB Kendaraan Sebesar Rp.2.750.000,- (Dua Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Jumlah yang banyak, kan? Dan mereka memberikan sedikit tekanan kepada calon pemenang:

Batas pengambilan Hadiah berlaku selama 2 hari. Apabila Pemenang tidak mengurus Hadiahnya sampai batas waktu yang ditentukan, maka Hadiah tersebut akan dialihkan pada kandidat pemenang yang lain dan kewajiban Kami kepada pemenang sudah tidak ada lagi.

Dan berkaitan dengan hal ini, redaksi menemukan berita-berita serupa. Antara lain:

  1. Website palsu undian Telkomsel menyesatkan
  2. Telkomsel: Hati-hati dengan Situs yang Mengatasnamakan Telkomsel
  3. Situs Undian Palsu Beredar, Telkomsel Ingatkan Pelanggan

Dari berbagai berita serupa mengenai website penipu yang mengatasnamakan Telkomsel, kami mendapatkan beberapa alamat website yang biasa mereka gunakan untuk menipu pelanggan Telkomsel, yaitu:

  1. www.undiantelkomselpoin.webs.com
  2. http://www.t-selpoinku.webs.com
  3. http://www.Telkomsel.n.nu
  4. http://www.Mytelkomsel.n.nu
  5. http://www.telkomsel.net.tf/
  6. http://layanangrapari.wordpress.com/
  7. http://telkomselundian.jimdo.com/
  8. http://www.infohadiahtelkomsel2014.blogspot.com

Jadi, berhati-hatilah pesan yang masuk ke perangkat komunikasi anda terkait pengumuman pemenang kompetisi apapun. Mereka sering berganti alamat website tapi dengan isi yang serupa. Oleh karena itu, cek langsung ke website resmi penyelanggara dan hubungi mereka. Be a smart costumer.🙂

Referensi:

  1. http://www.telkom.co.id
  2. http://www.telkomsel.com/promosimpati
  3. http://rumahpengaduan.com/2013/03/01/awas-penipuan-mengatasnamakan-telkomsel-point/
  4. http://latteung.wordpress.com/2012/08/30/penipuan-berkedok-undian-rejeki-telkomsel/
  5. http://inet.detik.com/read/2013/02/25/180952/2179363/328/situs-undian-palsu-beredar-telkomsel-ingatkan-pelanggan
  6. http://www.merdeka.com/jakarta/website-palsu-undian-telkomsel-menyesatkan.html

Salam,

Redaksi

21 thoughts on “Hati-Hati Website Penipuan Berkedok Telkomselpoin

  1. http://www.hadiah-telkomselpoin.tk/
    Nih Website yang Palsunya kelihatan bangettt… Desainnya jelek… Dari awal saya sudah curiga, tapi emak ane yang dapat SMS menghubungi nomor yang tertera atas nama Alex Sinaga…. Setelah ditelpon dibilang memang benar website resmi TELKOMSEL… Lalu saya teliti lagi tentang ciri-ciri website Palsunya… Dan benar dugaan ane dari awal… gak mungkin pake yang gratisan, Desain web gak sejelek itu, Trus Gambar Iklan Promonya Buram (tidak High), Makasih Infonya ya…

  2. gila berani bener ni orang nipu gak abis abis akalnya, emang kepolisian gak bisa ngungkap pelaku ini dari dulu sampe skrng, licin banget menjalankan aksi tipu-tipunya ”kayak belut”

  3. Kayak beginian udah banyak. Mudah2an tidak banyak juga yang tertipu. Saya pernah mencoba menghubungi langsung nomor yang dicantumkan di sms pemberitahuannya tapi tidak pernah diangkat.

  4. Hari ini tanggal 23 May 2013 sy mendapatkan sms dari 081244182538 dengan menuliskan “Selamat Anda mendapatkan Telkomsel Point berhadiah mobil mini cooper untuk lebih jelas check di kupon-telkomsel.jimdo.com/daftar-pemenang/ ” Dengan penasaran sy buka website itu dan tanpa sadar sy melihat itu seperti website asli dari telkomsel. Dan sy langsung menghubungi no telp yg dituju yaitu 0016282187001111 no nya langka pada saat itu saya masih penasaran. Setelah nyambung ternyata dia mengaku kalau dia adalah Drs.Ilham Sudjana selaku Directur Telkomsel Cabang Jakarta Selatan. tapi tidak tercantum alamat nya. Dia memberikan selamat katanya Anda beruntung mendapatkan Mobil Mini Cooper, tapi nanti di kanan atau kiri mobil ditempel stiker Telkomsel dengan warna mobil merah, Terus dia nanya sy tinggal dimana sy bilang di DKI JAkarta, dan ternyata no yg di undian tersebut itu di daerah Jawa Barat. Dia bilang wah mgkin Anda beli no ini dulu di Jawa kali ya.. Anda betul2 sangat beruntung. Padahal No ini juga saya tidak beli disana. Lalu singkat kata sy tanya apa syarat dan ketentuannya, pak. Dia jawab berhubung Anda bukan di daerah Jawa Barat, untuk biaya faridasi daerah sy di suruh bayar 5.950.000 utk mendapatkan kode daerah yg harus diisi di dalam BPKB dan STNK nya. Nanti juga ditransfernya bukan ke rek saya bu, tapi ke rek notaris Jakarta. Yg dimana di website di atas dicantumkan foto2 orang yg bertanggung jawab diantara nya ada Foto (1) Drs.Imam Sugianto, Msi KOMBES JAKARTA SELATAN, 2) Drs.Hartono NOTARIS DKI.JAKARTA, (3) Joko Widodo GUBERNUR DKI,JAKARTA, 4) Arif Lesmana DIRJEN PAJAK DKI,JAKARTA. Setelah sy buka entah mengapa sy jadi tambah yakin. Karena pd saat sy menerima telp sy sudah tidak di depan leptop, tapi dia menyuruh sy utk buka website nya dan mencari foto org yg bertanggung jawab itu. Saya sempat kaget dan kembali mempercayai si Penipu tersebut. Dan satu yg sy merasa aneh, dia selalu bilang jangan beritahu org lain atau siapun sampai Anda benar2 menerima mobil ini. Karena dia bilang ini hanya di bagikan kepada orang yg beruntung, karena kalau makin dipublikasikan nanti bisa ada pihak yg tidak bertanggung jawab. Jadi bisa merugikan Anda, dia langsung suruh sy transfer biaya yg diatas ke rekening Notaris yg namanya ada di website, dengan catatan uang akan dikembalikan nantinya. Tapi kebetulan dia suruh sy transfer ke Rek BRI, dan kebetulan sekali sy tidak mempunyai Rek BRI, iya dia langsung bilang kan bisa di transfer lewat ATM sambil dia memberitahukan Kode Bank BRI, sy bilang wah pak sy harus pikir2 dulu deh pak. Dia bilang tidak bisa lama2 Anda harus transfer sekarang juga. Lalu sy menceritakan kepada suami sy, dan dia langsung mengecek ke Telkomsel, dan ternyata ini penipuan. Sy lgsung sadar untung saja sy masih berdiskusi dan mendengarkan pendapat org disekitar sy. Kalau sy sndiri wah pasti sudah habis ditipu oleh dia. Jadi hati2 lah banyak sekali penipuan yg beredar di sekeliling kita untuk no yg di atas waspadalah…

  5. Haha … memang ini orang pintar lah ya, tapi pintarnya tak berbobot , masa digunakan untuk menipu sesamanya, tapi Aparat dan Telkomsel kok diam aja, pada hal jelas ini org bisa diciduk , karena foto dan No, Hp nya terpampang

  6. bagus sekali pencerahannya, terima kasih untuk sharing infonya, redaksi. Ijinkan saya menambahkan satu referensi lagi tentang website palsu berkedok telkomsel tersebut. Adalah http://hadiahtselpoin.blogspot.com/ yang tercantum di dalamnya nama Ir. H. Sarwoto, S.E. yang mengambil sebagai pengelola penyerahan hadiah dengan nomor telepon : 081210698777. Jika Anda, Pemirsa, teman, saudara, atau siapapun yang Anda ketahui mendapatkan sms yang isinya mengandung unsur-unsur (website; nomor telepon; nama) sebagaimana yang sudah saya sebutkan diatas, cegahlah mereka untuk menindaklanjutinya terlalu mendalam, jangan sampai mengirimkan sesuatu yang bernilai finansial atau materiil kepada si oknum. Ya kalau mau gantian mempermainkan si oknum itu sih itung-itung sih buat ganjaran (baca : hajaran/serangan) balik, bagi si oknum, ya (kalau mau iseng2 ngerjain), tapi yang pasti kita harus tetap waspada dan hati-hati, jangan sampai kita terpengaruh untuk mengeluarkan nilai financial satu rupiahpun untuk para penipu seperti mereka. Kalau memang kita mau beramal, kan masih banyak yang lebih layak untuk kita kasih. Mendingan buat anak yatim, fakir miskin dan orang kurang mampu di sekitar kita akan jauh lebih berkah dan penuh pahala daripada mubazir mendarat ke tangan penipu. Betul, kan?
    Tetaplah waspada dan hati-hati dan ingatkanlah orang-orang di sekitar kita untuk mewaspadai penipuan semacam itu.
    Salam Selamat

  7. Terima kasih atas infonya yang tertera di atas?
    Saya dapat sms dari nmr;+6285233771267.
    Tgl;20-09-2013 jam 01:25pm.
    Isi pesan sms’nya:
    SURAT KEPUTUSAN NO.XV11-9-2013;
    PIN,HDR7JN7 MENYATAKAN.NO ANDA PEMENANG. KE.(4)
    DARI TELKOMSEL POIN.DI LIHAT DI:
    http://www.semaraktelkomselpoin2013.blogspot.com
    Setelah saya terima sms tersebut,saya penasaran,saya buka website tersebut,setelah buka website tersebut,saya melakukan pencarian:APAKAH http://www.semaraktelkomselpoin2013.blogspot.com SCAM,dan teryata SCAM/PENIPUAN!!! website asli telkomsel sama mirip dengan website http://www.semaraktelkomselpoin2013.blogspot.com hanya banyak PERBEDAAN dengan website ASLI TELKOMSEL,
    buat semua Penguna telkomsel agar lebih berhati-hati dengan SCAM/PENIPUAN yang meng’atas nama’kan TELKOMSELPOIN.
    Buat P.T TELKOMSEL SUKSES SELALU GOD BLESS.

  8. Pingback: Penipuan SMS Pemenang Undian XL | benarnggak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s