Air Putih Bisa Basi?

Benarkah air putih biasa (air mineral) bisa basi? Jika tidak bisa, kenapa air mineral kemasan ada tanggal kedaluwarsa-nya?

Status: Tidak Benar

Penjelasan:

Tidak benar bahwa air putih, yang biasa berasal dari tanah atau air pegunungan, bisa basi jika disimpan dalam jangka waktu yang lama. Namun jika kita menyimpan air putih di sebuah wadah dalam jangka waktu yang lama mungkin dapat berubah rasa, warna, dan bau, apalagi jika wadah tersebut tidak bersih dan berbau. Kondisi seperti ini tidak bisa dikatakan basi karena air putih memang tidak bisa basi.

Lantas mengapa di botol air mineral kemasan terdapat tanggal kedaluarsa? Hal ini disebabkan karena:

  1. Birokrasi pemerintah, air merupakan produk makanan konsumsi, dengan demikian air harus tunduk pada hukum yang membutuhkan tanggal kadaluwarsa pada semua bahan komsumsi.
  2. Selain itu, tanggal kedaluwarsa pada air mineral dalam botol memiliki manfaat tertentu bagi produsen. Meskipun air di dalam botol tetap sama, botol plastik itulah yang mengandung kadaluwarsa, dan lama kelamaan akan mengeluarkan bahan kimia ke dalam air.
  3. Hal ini tidak membuat air jadi beracun, tapi rasanya kurang dari “mata air pegunungan segar”. Biasanya tanggal kadaluwarsa hanyalah satu unsur dari kode cetak yang mengidentifikasi tanggal, dan informasi lainnya. Seperti dikutip dari lifeslittlemysteries, meski tanggal kadaluarsa tak ada artinya, informasi manufaktur dapat berguna dalam melacak kontaminasi, kesalahan pembotolan atau pengingat produk.

Referensi:

Salam,

Redaksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s