Santan Bisa Menyebabkan Kolesterol Naik, Benarkah?

Apakah santan bisa menyebabkan kolesterol naik? Karena ada yang bilang bisa tapi ada juga yang bilang santan tidak berbahaya bagi kolesterol.

kelapa

Status: Tidak Benar

Penjelasan:

Tidak benar bahwa santan menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh kita. Hal ini diperjelas dari berbagai sumber yang menyatakan bahwa kandungan lemak jenuh nabati pada santan berbeda dengan yang terdapat pada hewan. Santan mengandung asam lauric yang merupakan rangkaian medium asam lemak, tidak seperti lemak pada daging tetapi lebih mirip lemak pada ASI.

Santan dalam kaitannya dengan kolesterol disebut sebagai sumber dari Fitosterol yaitu kolesterol rantai pendek yang berfungsi sebagai penghadang kolesterol jahat. Ia biasa disebut dengan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. Sama dengan kolesterol jahat (kolesterol LDL), ia juga merupakan turunan dari ‘keluarga’ lemak.

Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi santan tapi memang takarannya harus dibatasi.

Selain itu penyebab naiknya kadar kolesterol di tubuh kita antara lain: gaya hidup yang tidak sehat karena kurang berolahraga, merokok, minum alkohol terlalu banyak, dan kelebihan berat badan.

Lantas, bagaimana untuk mengurangi kadar kolesterol? Berikut penjelasan dari situs meetdoctor.com.

Pada dasarnya kurangi makanan berlemak, gorengan, dan mengandung karbohidrat tinggi. perbanyak serat, dari sayur dan buah. olahraga secara teratur, bila memungkinkan tiap hari, selama setengah sampai 1 jam.

Referensi:

Salam,

Redaksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s